Tuesday, November 18, 2014

Sejarah dan Trend Snapback di Bandung

Topi snapback, sangat nge-trend di kalangan anak muda jaman sekarang. Topi snapback yang terkadang disebut juga topi hip hop. Saking menjamurnya topi snapback, sudah banyak orang yang rela mengeluarkan uang lebih untuk membelinya. Dan sekarang dari anak SD sampai anak kuliahanpun memakai topi snapback setiap hari. Topi Snapback yang berkualitas tinggi pastinya di bandrol dengan harga yang lebih mahal dibandingkan dengan topi snapback yang berkualitas dibawahnya. Topi snapback asli original adalah topi yang berasal dari luar negeri.

girl with snapback
 
Topi adalah salah satu benda yang dikoleksioleh sebagian orang, karena harga topi yang relatif terjangkau dan desain serta kombinasi warna yang menarik peminatnya, topi yang fungsinya sebagai pelindung kepala dari sengatan sinar matahari. Ada beberapa orang yang memiliki koleksi topi hingga ratusan buah dengan jenis dan variasin yang bermacam-macam.


Yang menjadi ciri khas topi snapback ini adalah lidah di bagian depan untuk melindungi wajah dari terik matahari, dan kancing di bagian belakang untuk menyesuaikan ukuran kepala si pemakai dengan topi itu sendiri. Apakah kalian tau kalau topi snapback ini nyaris tidak dimakan oleh perkembangan zaman. Topi ini tetap terlihat trendy sebagai suatu asesoris untuk tampil lebih gaya di kalangan anak muda.


Topi snapback ini pertama kali dipakai pada tahu 50-an oleh para pemain sepak bola, lalu akhirnya menular ke berbagai jenis olah raga lainnya seperti hockey es, rugby, dan basket. Tetapi topi ini kemudian menjadi salah satu bagian dari seragam tim baseball dengan warna yang disesuaikan dengan warna tim mereka. Cabang olah raga inilah yang akhirnya membuat topi snapback sebagai ciri khas mereka.


wiz khalifaDan pada akhirnya, para penggemar olah raga pun memakai topi ini di luar lapangan sebagai aksesori yang membuat mereka terlihat sportif. Popularitas topi ini terus menanjak hingga angkatan bersenjata di Amerika Serikat sekalipun menjadikannya sebagai salah satu seragam mereka seperti US Navy dan Coast Guard. Topi snapback  semakin terkenal pada era 80-an karena dipakai oleh para musisi rap dan hip hop sewaktu tampil. Sampai saat ini topi ini masih menjadi ciri khas penyanyi-penyanyi rap atau hip-hop dan penyanyi-penyanyi lainnya seperti Chris Brown, Kanye West, dan Wiz Khalifa.


Perusahaan yang pertama kali memproduksi topi snapback ini  adalah sebuah perusahaan keluarga American Needle yang terletak di sebelah utara Chicago. Perusahaan ini telah berjalan selama tiga generasi. Di perusahaan ini, kalian bisa mendapatkan model topi dari awal produksi pabrik hingga model paling baru.

American Needle

Topi snapback ini juga cocok dikenakan di Indonesia yang iklimnya cenderung hangat dengan sinar matahari yang cukup terik. Tetapi, topi ini hanya cocok dikenakan untuk acara non-formal seperti berolahraga, jalan-jalan, menonton atau berekreasi. Perpaduan denim, t-shirt, dan jaket akan terlihat lebih pantas bila dipakai dengan topi snapback ini.

Apabila kita jalan-jalan ke di kota Bandung, pasti tidak akan heran melihat banyak yang menjual topi snapback di pinggir jalan, mall-mall bahkan outlet-oulet ataupun distro .

No comments:

Post a Comment