Wednesday, November 5, 2014

Kemeja Flannel di Bandung

Apa itu kemeja flannel?


love flannel
Apa itu kemeja flannel? Bagi penggermar fashion di bandung mapun diluar bandung atau bagi orang-orang yang selalu mengikuti perkembangan fashion tentu saja sudah tidak asing lagi dengan kemeja flannel ini. Pakaian berupa kemeja flannel yang sering diidentikan dengan seorang pekerja keras yang sering turun langsung ke lapangan dan selalu berada di barisan paling depan dalam bekerja, serta memiliki etos kerja yang sangat tinggi. Lalu mengapa kemeja flannel diindentikan dengan seorang pekerja keras? pasti kalian belum tahu apa yang menyebabkan kemeja flannel ini identik dengan seorang pekerja keras.



Pakaian yang disebut dengan kemeja flannel ini ternyata berasal dari kata gwlanen yang berasal dari bahasa wales yang memiliki arti bahwa pakaian tersebut terbuat dari bahan wol. Nama gwlanen kemudian berubah menjadi flannelette yang sering digunakan oleh petani. Tiap Negara memiliki istilah yang berbeda-beda, namun memiliki arti yang sama mengenai kemeja flannel, Negara  Prancis misalnya, menyebut kemeja flannel ini dengan istilah flanelle atau Negara Jerman yang menyebutnya dengan istilah flannel. Kita tentu saja sudah mengetahui tentang apa itu kemeja flannel yang telah dijabarkan sebelumnya. Sampai saat ini belum diketahui kapan pertama kali kemeja flannel ini muncul dan beberapa sumber yakin bahwa kemeja flannel ini mulai muncul pada abad ke-17.

Awalnya kemeja flannel dibuat dengan proses yang tradisional dan amat sangat sederhana, yakni terbuat dari benang wol dan melalui proses finishing dengan cara digaruk-garuk. Mulai abad 18, proses produksi kemeja flannel ini tak lagi menggunakan cara sederhana karena saat itu telah terjadi revolusi industri besar-besaran.
Revolusi industri besar-besaran ini membuat kemeja flannel diproduksi dengan lebih modern di banyak pabrik. Tak hanya cara pembuatannya saja yang berbeda, tetapi bahan yang digunakan untuk membuat kemeja flannel ini juga perlahan-lahan berubah dari benang menjadi katun, serat sintesis atau campuran sutera.

girl with flannel

Seiring perkembangan zaman, kemeja flannel tak hanya digunakan saat musim dingin saja, tetapi juga digunakan sehar-hari. Saat ini kemeja flannel telah menjadi salah satu ikon fashion di Bandung yang tak akan pernah mati. Apa itu flannel pun telah memikat hati banyak orang. Karakter pekerja keras yang ada di kemeja flannel ini juga masih terus melekat. Sangat banyak pilihan desain dan sudah banyak penjual kemeja flannel di indonesia.

No comments:

Post a Comment